Pelantikan Kades Muntai Bengkalis


  Pemerintah Kabupaten Bengkalis mempunyai komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang terangkum dalam program strategis Kabupaten Bengkalis tahun 2010–2015. Diantara program tersebut meliputi pembangunan infrastruktur dan sarana jalan lintas. Insyaallah tahun 2012 bisa dilaksanakan dengan sistem multi years.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bengkalis Ir. H. Herliyan Saleh, MSc saat melantik Kades Muntai, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, Rabu sore (08/02) di Desa Muntai.

“Kami menyadari, sarana infrastruktur di Kecamatan Bantan masih menjadi persoalan yang harus segera dibenahi, seperti kerusakan jalan hingga kini belum tuntas. Pemkab Bengkalis komitmen untuk membenahi sarana infrastruktur,” tutur Bupati Bengkalis.

Masalah abrasi, Bupati mengatakan menjadi ancaman serius bagi masyarakat yang tinggal di pesisir Selat Malaka, seperti Desa Muntai. Persoalan ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena akan berpengaruh pada tataran kehidupan masyarakat. Sejauh ini, Pemkab Bengkalis berupaya mencari solusi terbaik untuk menanggulangi ancaman fenomena alam ini.

Salah satunya, menyampaikan masalah ini kepada pemerintah provinsi maupun pusat, mengingat penanganan abrasi terutama di kawasan perbatasan merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat.

“Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Muntai untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan terus mengaktifkan gotong-royong. Karena kebersamaan dan gotong royong merupakan modal utama dalam membangun Kabupaten Bengkalis yang kita cintai,” katanya.

Selanjutnya, Buapti meminta agar masyarakat Desa Muntai tidak membiarkan lahan-lahan tidur begitu saja. Garap lahan tersebut agar menjadi lahan produktif, sehingga bisa menjadi tambahan pendapatan keluarga. namun lahan yang digarap harus benar-benar lahan sendiri, bukan asal garap.

“Saya merasa senang dan berbahagia, karena pada kesempatan yang baik ini, dapat bersilaturahim dengan masyarakat Desa Muntai ini. Pertemuan hari ini hendaknya semakin memperkuat silaturahim, sehingga tertanam semangat kekeluargaan dan kebersamaan dalam rangka mewujudkan keharmonisan hidup bermasyarakat di Kabupaten Bengkalis. Sebab kesatuan dan kekompakan merupakan modal utama dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang sejahtera, unggul dan mandiri,” jelas Bupati.

selanjutnya, Bupati atas nama Pemkab Bengkalis memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Muntai yang telah sukses melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa beberapa waktu yang lalu.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada kepala desa yang dilantik, semoga pelantikan ini sebagai langkah awal dalam pengabdian saudara kepada Bangsa dan Negara, khususnya kepada masyarakat yang telah mempercayakan kepada saudara untuk memimpin dan memajukan Desa Muntai ini. Ucapan selamat ini pun diiringi dengan harapan agar saudara dapat bekerja optimal, bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas selama menjadi Kepala Desa Muntai,” katanya lagi.

Setelah pelantikan ini, lebih lanjut Bupati mennginginkan kepala desa harus merangkul semua pihak, sehingga pesta demokrasi pilkades tidak terjadi perpecahan di masyarakat. hilangkan pola kepentingan pribadi dan kelompok, jangan sampai ada masyarakat yang terabaikan.

“Tugas kepala desa bukanlah hal yang ringan, karena desa merupakan ujung tombak pembangunan. Bila pekerjaan itu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan niat yang ikhlas, maka semuanya akan ringan, terutama dalam memberikan pengabdian di masyarakat. Jaga lah amanah dan kepercayaan rakyat yang telah memilih saudara,” Jelas Bupati lagi.

Dalam membangun desa muntai ini, lebih lanjut Bupati mengatakan kepala desa harus memupuk kerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam merumuskan kebijakan, khususnya tentang rencana pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Terkait administasi kependudukan dan catatan sipil, pada tahun ini, kita melaksanakan program kartu tanda penduduk elektronik atau e-ktp. Tepat pada bulan maret, mulai dilakukan pengambilan data seperti rekam iris mata, photo, cap jari dan identitas. Saya minta kepada seluruh masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan program e-ktp ini,” terangnya.


Sumber : bengkaliskab.go.id

0 Response to "Pelantikan Kades Muntai Bengkalis"