Warga Bengkalis Tak Bisa Nonton Bola


Karena tidak menyiarkan tayangan pertandingan sepakbola antar negara Eropa, para pelanggan Telkomvision yang berada di wilayah Bengkalis merasa kecewa. Bahkan, tidak hanya khusus pelanggan merasa kecewa, calon pelanggan yang berniat berlangganan membatalkan untuk pemasangan.

Seperti dituturkan Mukhtar (28), warga Desa Jangkang Kecamatan Bantan. Sebelumnya dirinya bersemangat untuk menonton siaran sepakbola negara-negara Eropa itu tanpa sensor karena berlangganan siaran berbayar setiap bulan melalui Telkomvision tidak seperti siaran parabola biasa.

Tetapi yang terjadi, ketika hendak menikmati pertandingan yang disiarkan secara langsung melalui televisi swasta RCTI di Indonesia itu ternyata disensor dan siaran khusus di channel olahraga juga tidak menyiarkan pertandingan tersebut.

"Tentu saja saya kecewa, pas waktu melihat pertandingan saya bolak balik channel ternyata yang ada kosong, di RCTI tidak tayang. Kenapa padahal berlangganan seperti ini kan berbayar kok masih saja disensor?," keluhnya saat berbincang-bincang, Senin (11/6).

"Berlangganan ini mau tidak mau saya lanjutkan, karena sudah dipasang jika saya hentikan belum genap setahun akan didenda Rp 500 ribu oleh Telkomvision," katanya lagi.

Terpisah, kekecewaan juga disampaikan Erli (27) warga Bengkalis, sebelumnya dirinya juga berencana akan berlangganan siaran dari Telkomvision tersebut. Setelah memperoleh informasi tersebut langsung enggan berlangganan.

"Rencananya memang saya akan berlangganan Telkomvision itu untuk menyaksikan sepakbola. Tapi setelah mendapat kabar tak dapat tayang dan sensor tak jadi saya berlangganan," ujarnya.

Sementara itu, salah satu Agen Telkomvision yang melayani jasa pelanggan di Bengkalis menyatakan, khusus siaran sepakbola pertandingan antar negara Eropa itu memang tidak dapat disiarkan. Berdasarkan informasi yang diperoleh, bahwa dari Telkomvision pusat memang tidak memiliki hak siar khusus pertandingan sepakbola tersebut.

"Ya pak, karena sesuai informasi yang kita peroleh dari pusat khusus pertandingan Euro kita tidak ada hak siarnya. Memang sudah banyak keluhan-keluhan yang disampaikan dari pelanggan terhadap masalah ini," terang Faisal, salah seorang Agen Telkomvision di Bengkalis saat dikonfirmasi wartawan